WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL INTERNASIONAL

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen Dan Tunjangan Kehormatan Profesor merupakan suatu aturan yang dikeluarkan dalam rangka menghargai kinerja dosen, dalam hal ini penulisan karya ilmiah.  Sesuai dengan ketentuan itu, tunjangan profesi dosen diberikan kepada dosen yang memiliki jabatan akademik Lektor Kepala dan harus menghasilkan:

a.  Paling sedikit 3 (tiga) karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi; atau

b.  Paling sedikit 1 (satu) karya ilmiah yang diterbitkand alam urnal internasional, paten, atau karya seni monumenal/desain monumental.

Sedangkan tunjangan profesi dosen dengan jabatan akademik profesor diberikan kepada dosen yang telah menghasilkan:

a.   Paling sedikit 3 (tiga) karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional; atau

b.   Paling sedikit 1 (satu) karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi, paten, atau karya seni monumental/desain monumental, dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun.

Ketentuan tersebut juga bahkan mewajibkan para calon doktor untuk mempublikasikan artikel internasional sebagai persyaratan penyelesaian studinya.

Berangkat dari ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Ristek dan Dikti di atas, Sekolah Pascasarjana USU pada hari Selasa, 28 Februari 2017 menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Internasional.  Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah akselerasi dosen dan mahasiswa program pascasarjana di lingkungan USU untuk memiliki minat dan mengasah kompetensinya dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal-jurnal internasional. 

Dalam acara pembukaan,  Rektor USU yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor III, Drs. Mahyuddin, M.I.T, Ph.D, menyampaikan pesan bahwa menulis karya ilmiah kini menjadi salah satu tugas utama dosen dan mahasiswa, bahkan menjadi salah satu persyaratan penting untuk dapat memperoleh tunjangan profesi maupun proses menyelesaikan studinya sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen Dan Tunjangan Kehormatan Profesor.  Apabila dosen dan mahasiswa sudah memiliki kuncinya, maka menulis bukan hal yang sulit, bahkan merupakan tugas yang mudah, sehingga dosen dan mahasiswa dapat menjadi penulis karya ilmiah yang produktif di jurnal yang terindeks internasional..  Acara pembukaan turut dihadiri oleh Direktur SPs USU, Prof. Dr. Robert Sibarani, MS, Wakil Direktur I, Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc,  dan Wakil Direktur II Prof. Dr. Suwardi Lubis, MS, serta jajaran pimpinan SPs USU lainnya. 

Foto Bersama Workshop Penulisan Artikel Internasional

Acara workshop  yang diikuti oleh para dosen & mahasiswa program magister maupun doktor itu diselenggarakan sehari penuh dan mengambil tempat di R.101 Lt.1 Gedung Lama (K01) Sekolah Pascasarjana USU.  Kegiatan workshop  diusung oleh 5 (lima) narasumber yang dikenal memiliki kemampuan dan kompetensi yang tinggi dalam hal penulisan karya ilmiah, yaitu Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc (Wakil direktur I SPs USU), Prof. T. Silvana Sinar, MA, Ph.D, Dr. Eng. Himsar Ambarita, Dr. Muhammad Ali Prawiro, MA, dan Rikson Siburian, Ph.D. (ear.-)

© 2017 Sekolah Pascasarjana USU